Senin-Jumat 08.00-17.00
0267-840-3298
0813-9831-5045

Menu

Tips Mendidik Kesederhanaan Pada Si Kecil

Senin, Maret 25th 2019.

Tips Mendidik Kesederhanaan Pada Si Kecil

Berikut beberapa langkah nyata mendidik anak bersikap dan berperilaku sederhana dalam lingkungan keluarga:

1.Berhemat dan menabung
Berhemat bukan berarti mendidik anak bersikap pelit terhadap dirinya sendiri maupun pada orang lain. Berhemat lebih bermakna menggunakan sesuatu secara bijaksana sesuai kebutuhan. Tidak menggunakan secara berlebihan sehingga mendatangkan hal yang mubazir.

Salah satu implementasi sikap hemat adalah melatih anak menabung sejak dini. Tidak harus menabung di bank kalau tidak memungkinkan. Menggunakan celengan buatan atau yang dibeli di pasar pun bisa untuk menabung uang.

Maka anak akan terbiasa menyisihkan sebagian uang jajannya untuk hari esok. Menabung artinya menyisihkan sebagian (kecil) kebutuhan hari ini untuk keperluan hari esok.

2.Menggunakan benda/alat secara bijaksana
Menghargai uang berarti mendidik anak menggunakan uang tersebut secara bijaksana. Membeli sesuatu karena memang dibutuhkan. Jika ada pakaian atau perlengkapan sekolah yang masih bisa dipakai, kenapa harus beli yang baru hanya karena gengsi-gengsian.

3.Kreatif mencari alternatif pengganti
Hal ini berlaku dalam hal memenuhi kebutuhan dalam keluarga. Jika misalnya daging sapi mahal, tak ada salahnya menggantinya dengan daging ayam yang lebih murah harganya. Dan begitu seterusnya…

Begitu pula dalam membeli kebutuhan perangkat komunikasi. Jika belum bisa beli ponsel gadget yang lebih canggih dan mahal, kenapa tidak menggantinya dengan yang sederhana, tahan lama dan harga terjangkau?

Dan, masih banyak lagi contoh lain kreativitas mencari alternatif pengganti alat/sarana yang dibutuhkan.

4.Menyesuaikan keinginan dan kemampuan
Nah, ini langkah nyata yang tak kalah pentingnya ditanamkan pada anak. Memiliki sesuatu benda/materi perlu juga disesuaikan dengan kemampuan. Keinginan seseorang tanpa batas namun kemampuan seseorang terbatas. Kesenjangan antara keinginan dan kemampuan sering membuat orang pusing dan bertindak nekad.

New
Rp 385.000
New
Rp 355.000
New
Rp 325.000
New
Rp 325.000
New
Rp 325.000
New
Rp 295