Senin-Jumat 08.00-17.00
0267-840-3298
0813-9831-5045

Menu

Tips Cara Mendidik Anak Ala Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam

Kamis, Februari 21st 2019.

Inilah beberapa tips mendidik anak yag diterapkan Rasulullah saw :

1) Umur anak-anak 0–6 tahun.

Pada masa ini, Rasulullah s.a.w menyuruh kita untuk memanjakan, mengasihi dan menyayangi anak dengan kasih sayang yg tidak berbatas. Berikan mereka kasih sayang tanpa mengira anak sulung mahupun bongsu dengan bersikap adil terhadap setiap anak-anak.Tidak boleh dipukul sekiranya mereka melakukan kesalahan walaupun atas dasar untuk mendidik.
Sehingga, anak-anak akan lebih dekat dengan kita dan merasakan kita sebagai bagian dari dirinya saat besar, yang dapat dianggap sebagai teman dan rujukan yang terbaik. Anak-anak merasa aman dalam meniti usia kecil mereka karena mereka tahu anda (ibu bapak) selalu ada disisi mereka setiap masa.

 

2) Umur anak-anak 7–14 tahun.

 Pada tahap ini kita mula menanamkan nilai DISIPLIN dan TANGUNGJAWAB kepada anak-anak. Menurut hadits Abu Daud, “Perintahlah anak-anak kamu supaya mendirikan shalat ketika berusia tujuh tahun dan pukullah mereka karena meninggalkan shalat ketika berumur sepuluh tahun dan asingkanlah tempat tidur di antara mereka (lelaki dan perempuan). Pukul itu pula bukanlah untuk menyiksa, cuma sekadar untuk mengingatkan mereka. Janganlah dipukul bagian muka karena muka adalah tempat penghormatan seseorang. Allah SWT mencipta sendiri muka Nabi Adam.
Sehingga, anak-anak akan lebih bertanggungjawab pada setiap suruhan terutama dalam mendirikan sholat. Inilah masa terbaik bagi kita dalam memprogramkan kepribadian dan akhlak anak-anak mengikut acuan Islam. Terserah pada ibu bapak apakah ingin menjadikan mereka seorang muslim, yahudi, nasrani ataupun majusi.

Jadi Anak yang cerdas, baik dan sholih/sholihah itu tergantung didikan orang tua yang bagaimana mendidik anak anaknya.

sebab orang tualah yang akan melahirkan generasi yang berakhlakul karimah

semangat untuk bundaa dan ayahb semua yang siap melahirkan generasi sholihah yang kreatif.

(Untuk tips selanjutnya tunggu postingan selanjutnya yaa bundaaaa…)

New
Rp 385.000
New
Rp 355.000
New
Rp 325.000
New
Rp 325.000
New
Rp 325.000
New
Rp 295