Senin-Jumat 08.00-17.00
0267-840-3298
0813-9831-5045

Menu

Mengajarkan Si Kecil Agar Berakhlaq Mulia

Kamis, Maret 28th 2019.

Mengajarkan Si Kecil Agar Berakhlaq Mulia

Orangtua tidak perlu bersikap permisif dan membebaskan anak memenuhi segala keinginannya.
Dream – Karakter anak tidak lepas dari peran dan didikan orangtua. Keliru dalam mendidik bisa membuat anak tumbuh tak sesuai harapan.

Apalagi di `jaman kekinian` seperti saat ini. Banyak orangtua begitu permisif dalam mendidik anak-anaknya. Alhasil, anak tumbuh dengan menjadi generasi yang justru malah menimbulkan banyak kerugian.

Tentu, semua orangtua ingin anaknya masuk dalam golongan generasi tangguh. Baik itu secara fisik, moral, apalagi akhlak. Hal itu dapat terwujud apabila orangtua menerapkan sikap tegas dalam mendidik anak-anaknya.

Ketegasan sangat diperlukan dalam proses pendidikan. Sikap ini akan menumbuhkan kedisiplinan sekaligus ketangguhan pada diri anak. Apalagi jika berkaitan dengan ajaran agama.

Sebagai contoh, perintah sholat. Rasulullah Muhammad SAW mengingatkan dalam hadis riwayat Abu Dawud bahwa orangtua harus memerintahkan anak-anaknya mendirikan sholat ketika berusia 10 tahun. Jika mereka tidak mau, maka harus dipukul. ” Perintahkanlah anak-anak kalian untuk mengerjakan sholat ketika mereka berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka bila pada usia sepuluh tahun tidak mengerjakan sholat, serta pisahkanlah mereka di tempat tidurnya.” Hadis ini memberikan batasan anak untuk mulai sholat, yaitu usia sepuluh tahun. Hadis ini juga memuat perintah agar orangtua menyuruh anak-anaknya melaksanakan sholat.

Selain itu, mengenalkan anak pada hal-hal yang ma’ruf dan munkar merupakan kunci pendidikan lainnya. Anak dapat berkomitmen untuk mengikuti yang ma’ruf dan menjauhi yang munkar.

Seperti pesan Lukman kepada anaknya, yang tercantum dalam Surat Lukman ayat 17. ” Wahai anakku, dirikanlah sholat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang munkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).”

New
Rp 385.000
New
Rp 355.000
New
Rp 325.000
New
Rp 325.000
New
Rp 325.000
New
Rp 295